KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menerima,
menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
2.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
|
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain
|
3.1 Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya
3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup
3.3 Memahami hubungan antara gaya,
gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan
penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan
mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan
mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.1
Menuliskanhasil
pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta
fungsinya
1.2
Menyajikan
secara tertulis hasil pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.
1.3
Menyajikan
laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan table dan grafik
1.4
Menyajikan
hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
4.5 Membuat sebuah karya/model yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya
oleh masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang
digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat
dengan memanfaatkan teknologi tersebut
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD IPA Kelas 4
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menerima,
menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam
secara mandiri maupun berkelompok
|
|
3. Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Mendeskripsikan rangka manusia dan fungsinya
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2 Mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya
3.3 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya
dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap
keseimbangan lingkungan sekitar
3.4 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.5 Mendeskripsikan siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi
serta kelangsungan mahluk hidup
3.6 Mengenal jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai
makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar
3.7 Mengenal sistem pernafasan hewan dan manusia serta penyakit yang
berkaitan dengan pernafasan
|
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Membuat bagan rangka manusia beserta
fungsinya
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan
bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia
4.3 Merancang dan membuat rangkaian seri dan parallel menggunakan
sumber arus searah
4.4 Membuat kompas sederhana untuk mendeteksi medan magnet bumi
4.5 Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk
mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
4.6 Menyajikan hasil pengamatan untuk membentuk rantai makanan dan
jejaring makanan dari makhluk hidup di lingkungan sekitar yang terdiri dari
karnivora, herbivora, dan omnivore
4.5 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat
terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa
yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi
4.7 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan
dengan gangguan pada organ tubuh manusia
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD IPA Kelas 5
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menerima,
menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan
dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam
secara mandiri maupun berkelompok
|
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Mengidentifikasi
kegunaan energi listrik, konversi energy listrik, transmisi energy listrik,
dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2
Mendeskripsikan
sistem tata surya, matahari sebagai pusat tata surya, serta posisi dan
karakteristik anggota tata surya
3.3
Mendeskripsikan
peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, revolusi bulan, dan peristiwa
terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
3.4
Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
3.5
Memahami
hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu
melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan
sehari-hari
3.6
Mendeskrisikan perkembangbiakan mahluk hidup
3.7
Mengidentifikasi
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran
dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda
akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variable bebas dan variable
terikat dalam percobaan tersebut
4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang
mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
4.4 Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan
hasilnya dalam bentuk tulisan
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk
hidup yang ditemui di lingkungan sekitar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar