KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
|
||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman , dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan
berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2
Menunjukkan perilaku
santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
|
||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan sekolah
|
3.1
Mengetahui bagian-bagian
tubuh manusia dan kegunaannya
3.2
Mengetahui dampak jangka
pendek melakukan aktivitas fisik
3.3
Memahami pengertian pola
gerak dasar seperti gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
3.4
Mengetahui cara
menjaga kebersihan diri yang meliputi
kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan
kaki serta pakaian
|
||
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mempraktikkan pola gerak
dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang,
hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
4.2
Mempraktikkan pola gerak
dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.3
Mempraktikkan pola gerak
dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional
4.4
Mempraktikkan aktivitas
jasmani untuk keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana
4.5
Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan dalam senam
(seperti menolak, mendarat, lokomotor, berputar, dan mengayun) dan berbagai pola gerak dominan posisi statis
(misalnya; tumpu lengan depan/belakang/samping, bergantung , sikap kapal terbang,
berdiri dengan salah satu kaki)
4.6
Mempraktikkan pola gerak
dasar senam sederhana menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang
dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
4.7 Mempraktikkan berbagai bentuk permainan pengenalan air
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD PJOK Kelas 1
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
|
||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Menunjukkan kerjasama, percaya diri dan berani dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2
Menunjukkan perilaku
santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
|
||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
|
3.1 Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan
setelah melakukan aktivitas fisik
3.2 Memahami dan mempratikkan posisi tubuh (duduk, berdiri,
membaca, berjalan) yang benar
3.3 Memahami dan mempraktikkan cara menjaga kebersihan
kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan
lingkungan sekolah (halaman sekolah)
3.4 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan
setelah melakukan aktivitas fisik
|
||
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor
yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau permainan tradisional
4.3 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.4 Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan
kecepatan, kelenturan melalui permainan sederhana
4.5 Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan
kecepatan, kelenturan dan kekuatan melalui permainan
4.6 Mempraktikkan variasi pola gerak
dominan dalam senam (seperti menolak, mendarat, lokomotor, berputar, dan
mengayun) dan pola gerak dominan posisi statis (misalnya; tumpu lengan depan/belakang/
samping, bergantung pada palang, sikap kapal terbang, berdiri dengan salah
satu kaki)
4.7 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar menggunakan pola
lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik
4.8 Mempraktikkan berbagai
gerak dasar pengenalan aktivitas air dan keselamatan di air, terutama yang
berhubungan dengan gerakan kaki, tangan dan tubuh pada saat di air*
4.9 Mempraktikkan
pengembangan berbagai aktivitas gerak lokomotor di dalam air dan permainan dengan menggunakan alat di
air*
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD PJOK Kelas 2
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
|
||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan
guru
|
2.1 Menunjukkan kerjasama, percaya diri, dan
berani dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
|
||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Mengetahui kebutuhan
tidur dan istirahat untuk menjaga kesehatan
3.2
Mengetahui penggunaan waktu luang untuk kegiatan yang bermanfaat
bagi kesehatan
3.3
Mengetahui pemanfaatan pakaian dan atribut yang sesuai untuk
jenis aktivitas
fisik yang diikuti
|
||
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
4.2 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor
yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau permainan tradisional
4.3 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan
manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional
4.4 Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan
koordinasi, ketepatan dan daya tahan statis tubuh melalui permainan sederhana
4.5 Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan
kekuatan dan daya tahan statis tubuh melalui permainan yang lebih kompleks
baik secara individu maupun berpasangan
4.6 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan
dalam senam (seperti lompat kangkang, lompat jongkok, roll depan) dan
kombinasi pola gerak dominan posisi statis dengan pola gerak lainnya(seperti:
sikap kapal terbang – roll atau sebaliknya)
4.7 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar aktivitas
ritmik lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dengan alat sederhana yang
dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
4.8 Mempraktikkan gerak dasar
keselamatan, seperti; gerakan kaki, gerak
lengan dan tangan, gerakan kaki dan
tungkai di dalam air, seluruh badan berada di bawah permukaan air, menahan
napas di air*
4.9 Mempraktikkangerak dasar
water trappen (berdiri mengambang di air) *
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD PJOK Kelas 3
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina,
sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
|
||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan disiplin, kerjasama,
toleransi, belajar
menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan
tanggungjawab, menghargai
perbedaan
2.2
Menunjukkan perilaku santun kepada teman, guru dan lingkungan sekolah selama pembelajaran penjas
|
||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
3.1
Memahami tinggi dan berat badan ideal dan pengaruhnya terhadap
pertubuhan dan perkembangan
3.2
Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan
tubuh
3.3
Memahami gizi dan menu
seimbang dalam menjaga kesehatan tubuh
3.4
Memahami jenis cidera dan mampu melakukan penanggulangan
sederhana selama melakukan aktivitas fisik
|
||
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mempraktikkan kombinasi gerak
dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik jalan
dan lari yang
dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional
4.2
Mempraktikkan variasi dan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan
dan atau olahraga tradisional bola kecil
4.3
Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai
tinggi dan berat badan ideal
4.4
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk
keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan kombinasi pola gerak
dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara
berpasangan
4.5
Mempraktikkan pola gerak
dasar berirama bertema budaya daerah
yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik
4.6
Mempraktikkan salah satu
gaya renang dalam jarak tertentu*
4.7
Mempraktikkan dasar penyelamatan terhadap orang lain*
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD PJOK Kelas 4
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak
ternilai
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa
tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
|
||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan disiplin, kerjasama,
toleransi, belajar
menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan
tanggungjawab, menghargai
perbedaan
2.2
Menunjukkan perilaku santun kepada teman, guru dan lingkungan sekolah selama pembelajaran penjas
|
||
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati
dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa
ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain
|
3.1
Memahami pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
3.2
Memahami manfaat
pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
3.3
Memahami dan menjaga diri dari
berbagai tindakan/perilaku tidak senonoh
3.4
Mengetahui bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh
|
||
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Mempraktik kanvariasi dan kombinasi gerak
dasar atletik lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang
dimodifikasidan
atau tradisional
4.2
Mempraktikkan variasi dan
kombinasi pola gerak dasar yang
dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan bola besar dan atau olahraga tradisional
4.3
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak
dasar untuk
membentuk gerakan dasar bela diri yang dimodifikasi dalam
permainan sederhana dan
atau permainan tradisional
4.4
Mempraktikk anaktivitas daya tahan
aerobik dan anaerobik untuk pengembangan kebugaran jasmani
4.5
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk
keterampilan/ teknik dasar senam pada alat yang berbeda (seperti: balok,
kuda-kuda, palang) dan variasi dan kombinasi pola gerak dominan posisi
statis dan
dinamis, tumpuan dan gantungan
(misalnya: piramid) dalam kelompok kecil
(dasar standen)
4.6
Mempraktikkan berbagai
macam pola gerak dasar berirama bertema daerah dan nasional dalam kelompok
kecil yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan),
tanpa/dengan musik
4.7
Mempraktikkan satu gaya renang yang berbeda dalam jarak tertentu*
4.8
Mempraktikkan keterampilan
dasar aksi pemberian bantuan keselamatan dengan salah satu gaya yang
dikuasai*
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD PJOK Kelas 5
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa
tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
|
||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan disiplin, kerjasama,
toleransi, belajar
menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan
tanggungjawab, menghargai
perbedaan
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman, guru dan lingkungan sekolah selama pembelajaran penjas
|
||
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati
dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa
ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain
|
3.1
Memahami dan mampu mengukur kebugaran jasmani dengan salah satu
jenis tes kebugaran
3.2
Memahami dan mampu memelihara diri
dari penyakit menular dan tidak menular
3.3
Memahami dan mampu menghindarkan
diri dari bahaya Narkotika, Psikotropika, dan Zat Aditif terhadap tubuh
|
||
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak
dasar atletik
jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui
permainan dan olahraga atletik dan atau tradisional
4.2
Mempraktikkan variasi dan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan
manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan
dan atau olahraga tradisional bola kecil dan bola besar dengan kontrol yang
baik
4.3
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak
dasar untuk
membentuk gerakan dasar bela diri yang dimodifikasi dalam
permainan sederhana dan
atau permainan tradisional
4.4
Mengukur status kebugaran mengunakan berbagai instrument penilaian (Tes Kesegaran Jasmani
Indonesia)
4.5
Mempraktikkan sebuah
rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat dan kontrol yang baik serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola
gerak dominan posisi statis dan dinamis, tumpuan dan gantungan (misalnya: piramid)
dalam kelompok besar
4.6
Mempraktikkan kombinasi
pola aktivitas gerak dasar berirama bertema daerah dan nasional dalam
koreografi klasikal yang dilandasikonsepgerakmengikutiirama
(ketukan), tanpa/dengan musik
4.7
Mempraktikkan keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi
yang baik dalam kecepatan tertentu
4.8
Mempraktikkan keterampilan aksi pemberian bantuan keselamatan
secara bertanggung jawab, serta melakukan tindakan (simulasi) resusitasi
(pemijatan jantung dan nafas buatan)
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD PJOK Kelas 6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar