KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap
Q.S. Al-Fatihah
1.2 Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Pengayang.
1.3 Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4 Bersuci sebelum beribadah
1.5 Membaca Basmalah setiap
memulai aktivitas
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi
pemahaman makna bersuci
2.2 Memiliki perilaku kasih sayang
kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
dan Al-Ikhlas
2.3 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua,
guru dan sesama anggota keluarga sebagai
implementasi dari pemahaman
Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
2.4 Memiliki perilaku rajin
belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq ayat 1 s.d. 5
2.5 Memiliki sikap pemaaf
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengenal pesan-pesan yang
terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ‘Alaq ayat 1 s.d. 5
3.2 Mengenal keesaan Allah SWT berdasarkan
pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang
dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.3 Mengenal makna Asmaul
Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
3.4 Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
3.5 Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah belajar
3.6 Mengenal tata cara bersuci
3.7 Mengenal shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
3.8 Mengenal kisah
keteladanan Nabi Adam A.S
3.9 Mengenal kisah
keteladanan Nabi Idris A.S
3.10 Mengenal kisah
keteladanan Nabi Nuh A.S
3.11
Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
3.12 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
1.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan
harakatnya secara lengkap
1.2 Melafalkan
Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
1.3 Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
1.4 Melafalkan Q.S.
Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
1.5 Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
1.6 Menunjukkan hafalan Q.S.
Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
1.7 Menceritakan contoh perilaku kasih sayang sesama teman dalam kehidupan sehari-hari
1.8 Mempraktekkan tata cara bersuci
1.9 Menceritakan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
1.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam A.S
1.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris A.S
1.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh A.S
1.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s
1.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Berwudhu sebelum shalat
1.2 Melaksanakan shalat
sebagai wujud dari pemahaman rukun
Islam
1.3 Berdo’a sebelum dan
sesudah makan
1.4 Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Menunjukkan perilaku
disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
2.2
Menunjukkan perilaku hidup sehat sebagai implementasi dari pemahaman
makna berwudhu
2.3 Menunjukkan sikap peduli
terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi
Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui keesaan Allah
SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.2 Mengenal
makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
3.3 Mengenal hadits yang
terkait dengan anjuran menuntut ilmu
3.4 Mengenal hadits yang
terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
3.5 Mengenal makna kandungan
Q.S. Al ‘Ashr
3.6 Mengenal tata cara shalat dan bacaannya
3.7 Mengenal do’a sebelum dan
sesudah wudhu
3.8 Mengenal makna do’a
sebelum dan sesudah makan
3.9 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Shaleh A.S
3.10
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth A.S
3.11
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
3.12
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
3.13 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makhorijul huruf.
4.2
Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al
‘Ashr dengan benar dan jelas
4.3
Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas
dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.4
Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi
dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
4.5
Mempraktekkan wudhu dan do’anya dengan tertib dan benar
4.6
Memperaktekkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.7
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
4.8
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth A.S
4.9
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
4.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi
Muhammad SAW
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Melaksanakan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
1.2 Berdzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
1.3 Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha
Mendengar.
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga,
dan guru.
|
2.1 Memiliki perilaku peduli
terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al
Kautsar.
2.2 Memiliki sikap disiplin
dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah
shalat.
2.3 Memiliki perilaku tawadlu,
Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi
dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.4 Memiliki sikap jujur
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5 Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, rela
berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya
yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
3.2 Mengetahui makna Asmaul Husna:
Al-Wahab, Al-‘Alim, As-Sami’
3.3 Mengetahui hadits yang
terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung
jawab
3.4 Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
3.5 Mengerti makna dzikir dan doa setelah shalat
3.6 Mengetahui hikmah ibadah
shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah
dan sekolah
3.7
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S
3.8
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu’aib A.S
3.9 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S (rasa ingin tahu, sabar, dan
rela berkorban, hormat dan patuh
kepada orangtua)
3.10 Mengetahui sikap percaya
diri dan kemandirian sebagai wujud
dari keteladanan nabi
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Qur’an dengan benar
4.2
Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Qur’an dengan benar
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar
4.4 Mencontohkan perilaku
tawadlu, ihlas, dan mohon petolongan sebagai
implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
4.5 Mempraktikkan tata cara shalat, dzikir,
dan doa setelah shalat secara benar
4.6 Menceritakan pelaksanaan ibadah shalat di sekitar rumah dan sekolah
4.7
Menceritakan kisah keteladanan Nabi
Yusuf A.S
4.8
Menceritakan kisah keteladanan Nabi
Syu’aib A.S
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S
4.10 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Melaksanakan
shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT.
1.2 Mengamalkan kebajikan kepada sesama manusia
sebagai implementasi dari
pemahaman ibadah shalat
1.3 Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.4 Meyakini keberadaan
malaikat-malaikat Allah SWT
1.5 Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah SWT
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga,
dan guru
|
2.1 Memiliki sikap yang dipengaruhi
oleh keimanan kepada para malaikat
Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.2 Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di
masyarakat sekitar.
2.3 Memiliki sikap amanah sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladan
Nabi Muhammad SAW
2.4 Memiliki sikap pantang menyerah
sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa A.S
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain
|
3.1 Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di
sekitar rumah dan sekolah.
3.2 Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan
terhadap dirinya dan alam sekitar.
3.3 Mengerti makna Asmaul Husna:
Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Adhim
3.4 Memahami makna bacaan
sholat
3.5 Mengetahui kisah
keteladan Nabi Ayyub a.s.
3.6
Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
3.7
Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s.
3.8 Mengetahui kisah
keteladan Nabi Musa A.S
3.9 Mengetahui
kisah keteladan wali-wali Allah
3.10 Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari
Nabi Muhammad SAW
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.1
Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil dengan tartil
1.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Al
Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil dengan benar
1.3
Menunjukkan hafalan Q.S. Al
Falaq, Al Ma’un dan Al-Fil
dengan lancar.
1.4
Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah,
sekolah, dan di masyarakat sekitar
1.5
Menceritakan pengalaman melaksanakan shalat di rumah, atau di masjid
lingkungan sekitar rumah.
1.6 Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
1.7 Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
1.8
Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s.
1.9
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa A.S
1.10
Menceritakan kisah keteladanan wali-wali Allah
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Membaca al-qur’an dengan tartil.
1.2
Menyakini Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3
Melaksanakan kewajiban
puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun
Islam
1.4
Melaksanakan
shalat tarawih dan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan
sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul Nya
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan
cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah
2.2
Memiliki sikap saling
mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tiin
2.3
Memiliki sikap sabar dan
pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.4
Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladan Nabi
Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain .
|
3.1
Mengenal nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul
Azmi
3.2
Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
3.3
Mengetahui makna Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan benar
3.4
Mengerti makna Asmaul Husna:
Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
3.5
Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
3.6 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Dawud a.s.
3.7 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Sulaiman a.s.
3.8 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Ilyas a.s.
3.9 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Ilyasa’ a.s.
3.10
Mengetahui kisah keteladanan
Luqman sebagaimana terdapat dalam Al Qur’an
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Membaca Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah
dengan baik dan benar
4.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. At-Tin
dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.3
Menunjukkan hafalan Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.4
Mencontohkan perilaku saling mengingatkan
dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
4.5
Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Membaca al-Qur’an dengan tartil.
1.2
Meyakini adanya Hari Akhir sebagai
implementasi dari pemahaman Rukun Iman
1.3
Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4
Menunaikan kewajiban
berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.5
Berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Maidah ayat 2
1.6
Bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
|
2.1 Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi
kandungan Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar
2.4 Memiliki sikap fathonah sebagai implementasi dari
pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
|
3.1
Mengetahui makna Q.S.
Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
3.2 Mengerti makna Asmaul Husna:
Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
3.3 Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak
mulia
3.4 Memahami hikmah beriman
kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.5 Memahami hikmah zakat ,
infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam
3.6 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.7 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Dzakariya a.s.
3.8 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.9 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Isa
3.10 Mengetahui kisah Nabi
Muhammad SAW
3.11 Mengetahui kisah
keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
3.12 Mengetahui kisah
keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
|
4.1 Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan jelas dan benar
4.2 Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
4.3 Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun
dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
4.4 Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan
Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.5 Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari
pemahaman rukun Iman
|
sangat membantu, tidak seperti kebanyakan yang upload harus masuk ke link ini itu. semoga berkah
BalasHapus