KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2
Menerima kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib
dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, dan di sekolah.
|
3.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.3
Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah
dan di sekolah
3.4 Mengenal
arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu
simbol sila Pancasila
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam
keberagaman di rumah dan sekolah
4.4 Mengamati
dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik,
psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah
dan sekolah
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri
dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman , dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an
moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan
sekolah
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah.
|
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa
simbol sila Pancasila
1.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di
lingkungan keluarga dan sekolah
1.3 Berinteraksi
dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
1.4 Bermain
peran tentang bersatu dalam keberagaman
di lingkungan rumah dan sekolah
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya
diri
dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman,tetangga dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani
mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral
Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
sekolah dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam
keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan masyarakat
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol
sila-sila Pancasila
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.3 Berinteraksi dengan beragam orang di
lingkungan rumah, sekolah, masyarakat
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam
keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa,
pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial,
dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin,
tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan
memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga
kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah dan
masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai
dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
2.4 Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud
keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol
sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.3 Memahami manfaat keberagaman karakteristik
individu di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan masyarakat
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Hindu
Buddha
3.6 Memahami keberagaman alam dan sumber daya di
berbagai daerah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu
kesatuan yang utuh
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman
di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua)
di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
4.5 Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa
Hindu Buddha dalam kehidupan di masyarakat
4.6 Memetakan keberagaman sumber daya alam di
berbagai daerah untuk menumbuhkan kebanggaan nasional
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan
khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin,
tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan
memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam
semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral
Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan
kewajiban dalam bidang sosial,
ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai
Pancasila dan UUD 1945
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses
pengambilan keputusan atas dasar musyawarah mufakat
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah,
dan masyarakat
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah
3.3 Memahami keanekaragaman sosial, budaya dan
ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan
masyarakat
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di
rumah, sekolah dan masyarakat
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan
hidup
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai
kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan
di lingkungan rumah, dan sekolah
4.3 Membantu masyarakat dalam melaksanakan
suatu kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat tanpa membedakan
agama, suku bangsa, dan sosial ekonomi
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan
di rumah, sekolah dan masyarakat
4.5 Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa
Islam dalam kehidupan di masyarakat
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi
keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
|
KELAS:
VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela
berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral
Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata
tertib, dan aturan sesuai dengan tata
urutan peraturan perundang-undangan Indonesia
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses
pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa
Indonesia
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami moralitas yang terkandung dalam
sila Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
3.3 Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya
dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan
bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa
penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun
kehidupan kebangsaan
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan
moral Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah, dan
masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan
menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Melaporkan secara lisan dan tulisan
keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam
melaksana kan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
4.5 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan
pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan dalam kehidupan
sehari-hari
4.6 Menyajikan realita keberagaman untk mendorong
saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar