KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda
kekuasaan Tuhan
|
||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Menunjukkan rasa percaya
diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu
untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya
seni
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan
kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
|
||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan sekolah
|
3.1
Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
3.2
Mengenal pola irama lagu
bervariasi menggunakan alat musik ritmis
3.3
Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan
level gerak dalam menari
3.4
Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat
prakarya
3.5
Mengenal karya seni
budaya benda dan bahasa daerah setempat
|
||
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.2
Membuat karya seni rupa dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak
sederhana menggunakan bahan alam
4.3
Menggambar dengan memanfaatkan beragam media kering
4.4
Membentuk karya seni rupa dari bahan lunak
4.5
Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan
gerak
4.6
Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dengan tepuk dan
gerak
4.7
Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
4.8
Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dan tiga dengan
alat musik ritmis
4.9
Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan
pengamatan alam di lingkungan sekitar
4.10
Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala,
tangan, kaki, dan badan berdasarkan rangsangan bunyi
4.11
Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan
level tinggi, sedang, dan rendah
4.12
Melakukan gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan
level tinggi, sedang, dan rendah dengan iringan
4.13
Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan
sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel
4.14
Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam melalui kegiatan
melipat, menggunting, dan menempel bentuk pola dan alur sederhana
4.15
Membuat karya kreatif fungsional dari bahan lunak buatan
4.16
Menyajikan jenis bahan makanan umbi-umbian dengan olahan
sederhana
4.17
Menceritakan karya seni
budaya benda dan bahasa daerah setempat
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD SBP Kelas 1
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
|
||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Menunjukkan rasa percaya
diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu
untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya
seni
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian
terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
|
||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah,
|
3.1
Mengenal bahan dan alat serta fungsinya dalam membuat karya seni
rupa
3.2
Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi
dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
3.3
Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
3.4
Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan
sebagai karya kreatif dan olahan makanan
3.5
Memahami budaya dan
bahasa daerah di tempat tinggalnya
3.6
Mengenal karya seni
budaya tak benda dan bahasa daerah setempat
|
||
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan
tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.2
Membuat karya seni mozaik sederhana dengan dengan menggunakan
bahan alam
4.3
Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media
4.4
Membentuk karya relif dari bahan lunak
4.5
Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi
4.6
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat
4.7
Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata
sendiri yang bermakna
4.8
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga
4.9
Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau
dengan media rekam
4.10
Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau
media rekam menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat
4.11
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala,
tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media
rekam
4.12
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala,
tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai
dinamika gerak
4.13
Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan
bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatah melipat, menggunting dan
menempel
4.14
Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam di lingkungan
rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
4.15
Membuat karya kreatif fungsional dari berbagai bahan dengan cara
sederhana
4.16
Menyajikan olahan makanan dari buah dan sayuran di lingkungan
sekitar
4.17
Menceritakan karya seni
budaya tak benda dan bahasa daerah setempat
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD SBP Kelas 2
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan
berkreativitas sebagai anugrah Tuhan
|
||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya
seni.
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan
sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
2.3
Menunjukkan perilaku
disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam
sekitar melalui berkarya seni
|
||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Mengenal gambar dekoratif dan montase
3.2
Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama
enam
3.3
Memahami gerak kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik
sebagai iringan
3.4
Mengetahui cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat
prakarya
3.5
Memahami makna karya
seni budaya dengan bahasa daerah setempat
|
||
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna,
bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.2
Membuat karya seni montase dari berbagai media
4.3
Menghias benda dengan gambar dekoratif
4.4
Membentuk karya imajinatif dari bahan lunak
4.5
Menyanyi lagu wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan
isi lagu
4.6
Memainkan alat musik ritmis pola irama bervariasi sambil
bernyanyi
4.7
Menyanyikan lagu anak-anak bertanda birama enam sesuai
dengan isi lagu.
4.8
Memainkan pola irama bertanda birama 6 dengan perubahan tempo dan
dinamika
4.9
Mengembangkan gerak berdasarkan hasil pengamatan alam sekitar ke
dalam bentuk tari bertema
4.10
Mengembangkan gerak alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema
mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak
4.11
Memperagakan gerak alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema
berdasarkan level, tempo dan dinamika
4.12
Menampilkan gerak ke dalam bentuk tari bertema berdasarkan level
dan tempo gerak dengan iringan musik
4.13
Membuat karya kreatif anyaman dengan bahan alam atau buatan di lingkungan
4.14
Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan buatan lingkungan rumah melalui kegiatan bermain
melipat, menggunting, dan menempel
4.15
Membuat karya kreatif fungsional dari bahan limbah rumah tangga
4.16
Melakukan penanaman tanaman penghasil bahan pangan di lingkungan
sekitar
4.17
Menceritakan makna karya
seni budaya dengan bahasa daerah setempat
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD SBP Kelas 3
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif
masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
|
||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan
sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
2.3
Menunjukkan perilaku Mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap
alam sekitar melalui berkarya seni
|
||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Mengenal tempat- tempat industri, bersejarah, dan seni
pertunjukan di daerah setempat
3.2
Mengenal gambar alam benda, dan kolase
3.3
Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan
gerak tangan
3.4
Mengenal tari-tari daerah dan keunikan geraknya
3.5
Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
3.6
Memahami cerita terkait
situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan
menggunakan bahasa daerah
|
||
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis,dan sistematis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menggambar alam berdasarkan pengamatan keindahan alam
4.2
Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan
4.3
Menggambar model benda kesukaan berdasarkan pengamatan langsung
4.4
Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam
4.5
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan
tinggi rendah nada
4.6
Memainkan pola irama lagu bertanda birama empat dan menunjukkan
perbedaan panjang pendek bunyi
4.7
Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang harus
dikenal
4.8
Memainkan alat musik melodis lagu yang telah dikenal sesuai
dengan isi lagu
4.9
Menunjukkan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan
mengacu pada gaya tari daerah
4.10
Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan
mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak
4.11
Mengembangkan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan
mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan pola lantai
4.12
Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan
mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan pola lantai
4.13
Membuat karya kreatif dengan cara meronce memanfaatkan bahan alam
dan buatan dari lingkungan
4.14
Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses
pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan
4.15
Membuat karya kreatif berupa benda aksesoris pelengkap busana
dengan berbagai bahan dan cara pembuatan
4.16
Membuat karya teknologi sederhana dengan memanfaatkan tali
sebagai tenaga penggerak
4.17
Menceritakan cerita
terkait situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan
menggunakan bahasa daerah
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD SBP Kelas 4
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai
anugerah Tuhan
|
||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
2.2
Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya
seni
2.3
Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam
sekitar melalui berkarya seni
2.4
Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di rumah dan sekolah
|
||
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati
dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa
ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain
|
3.1
Mengenal prinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan
membentuk topeng Nusantara
3.2
Mengenal harmoni musik dan lagu daerah
3.3
Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
3.4
Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif
berdasarkan ciri khas daerah
3.5
Memahami unsur-unsur
budaya daerah dalam bahasa daerah
|
||
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi
berdasarkan hasil pengamatan
4.2
Menggambar dekoratif berdasarkan motif hias nusantara
4.3
Menggambar komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur
penceritaan berdasarkan hasil pengamatan
4.4
Membuat topeng dari berbagai media berdasarkan hasil
pengamatan karya topeng nusantara
4.5
Menyanyikan secara berkelompok lagu anak-anak dengan iringan
musik vokal sesuai dengan asal daerahnya
4.6
Memainkan alat musik ritmis secara berkelompok dengan iringan
vokal lagu anak-anak dua suara
4.7
Menyanyikan lagu kanon & lagu wajib dua suara
4.8
Memainkan alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan
partitur lagu
4.9
Menemukan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
4.10
Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
dengan menggunakan properti
4.11
Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
dengan menggunakan properti dan iringan
4.12
Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
dengan menggunakan properti dan iringan
4.13
Membuat karya kreatif dari bahan tali temali dengan cara
sederhana yang mengacu pada kerajinan Nusantara
4.14
Membuat karya kreatif dari bahan lunak dengan berbagai teknik dan
alat teknologi sederhana
4.15
Membuat karya kreatif dari bahan limbah kain perca dengan teknik
sederhana
4.16
Membuat karya kreatif teknologi sederhana dengan memanfaatkan
energi buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
4.17
Memamerkan dan mempertunjukkan karya seni
4.18
Menceritakan secara
lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan bahasa daerah
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD SBP Kelas 5
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima, menghargai dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa
bangga terhadap tanah air
|
||
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, percaya diri dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga dan guru.
|
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
2.2
Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam
berkarya seni
2.3
Menunjukkan perilaku
disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam
sekitar melalui berkarya seni
2.4
Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar
|
||
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati
dan mencoba (mendengar, melihat, membaca) serta menanya berdasarkan rasa
ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain
|
3.1
Mengenal gambar perspektif, poster, batik dan patung
3.2
Mengenal harmoni dan simbol teks lagu sederhana
3.3
Mengenal estetika gerak dan komposisi kelompok dalam tari
3.4
Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan
pertunjukkan
3.5
Memahami laporan kajian tentang seni budaya Indonesia
dengan bantuan guru dan teman serta media pembalajaran dengan
menggunakan bahasa
Indonesia
3.6
Memahami nilai-nilai yang melekat dalam unsur-unsur budaya daerah
dalam bahasa daerah
|
||
4.
|
4.1
Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan
komposisi berdasarkan hasil pengamatan
4.2
Menggambar dengan teknik batik sederhana
4.3
Menggambar poster sesuai dengan keperluan penyampaian informasi
tertentu
4.4
Membentuk karya patung sederhana dari berbagai media
4.5
Membuat pola irama sederhana untuk iringan lagu dengan simbol
panjang pendek bunyi dan mengembangkan pola iringan
4.6
Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan
4.7
Memainkan ansambel alat musik campuran dengan membaca partitur
sederhana
4.8
Menampilkan musik nusantara dengan alat musik sederhana
4.9
Menemukan gerak tari bertema berdasarkan pengembangan gagasan dan
imajinasi
4.10
Merangkaikan tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
dengan iringan musik
4.11
Memperagakan tari bertema sesuai dengan busana pokok gaya tari
daerah
4.12
Menyajikan tari bertema sesuai dengan rias dan busana gaya tari
daerah dengan iringan
4.13
Membuat karya kreatif tekstil yang mengacu pada kerajinan tekstil
Nusantara
4.14
Membuat karya kreatif dari bahan keras dengan alat teknologi
sederha.
4.15
Membuat karya kreatif teknik aplikasi dan menjahit dengan tangan
4.16
Membuat produk olahan sampah organik atau sampah anorganik di
lingkungan sekitar
4.17
Memamerkan dan mempertunjukan karya seni.
4.18
Menceritakan secara
lisan dan tulisan nilai-nilai yang melekat dalam unsur-unsur budaya daerah
menggunakan bahasa daerah
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD SBP Kelas 6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar