KELAS:IV
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan
segala perubahannya
1.2
Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia
dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat
1.3
Menerima karunia
Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
|
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya
|
2.1.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam
dalam kehidupannya sekarang
2.2.
Menunjukkan perilaku
rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3.
Menunjukkan perilaku
santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
|
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain
|
3.1
Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan
dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.2
Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa
praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan
pendidikan
3.3
Memahami manusia dalam
hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.4
Memahami kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, ekonomi,
pendidikan, dan budaya di masyarakat sekitar
3.5
Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
|
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang,
konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial,
ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.2
Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan
keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek
pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.3
Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis
tempat tinggalnya
4.4
Mendeskripsikan kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, pendidikan,
ekonomi, dan budaya di masyarakat sekitar
4.5
Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD IPS Kelas 4
|
KELAS: V
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala
perubahannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai
penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air
|
2.1
Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa
kebangsaan
2.2
Menunjukkan perilaku
jujur, sopan, estetikadan memiliki motivasi internal ketika berhubungan
dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi
dan politik
2.3
Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong,
tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulanganpermasalahan lingkungan hidup
|
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1
Memahami aktivitas dan
perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu
serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan
budaya dalam lingkup nasional
3.2
Mengenal perubahan dan
keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia
pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam
aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
3.3
Memahami manusia dalam
hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
3.4
Memahami manusia
Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial,
ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
3.5
Memahami manusia
Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menyajikan hasil
pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang,
konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan
sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumber-sumber yang tersedia
4.2
Menceritakan hasil
pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan
manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa
kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
dalam berbagai jenis media
4.3
Menyajikan pemahaman
tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah
Indonesia
4.4
Menceritakan secara tertulis pemahaman
tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi
dan peran kelembagaan sosial, ekonomi
dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
4.5
Menceritakan secara
tertulis hasil kajian mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
|
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD IPA Kelas 5
|
KELAS: VI
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa
Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya dan politik
1.2
Menerimaadanya
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat yang mengatur kehidupan
manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia
1.3
Menghargai karunia dan
rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air
|
2.1
Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai
perwujudan rasa nasionalisme
2.2
Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga
sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam
mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan
peninggalan berharga di masyarakat
|
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain
|
3.1
Mengemukakan keragaman
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan
budaya dalam masyarakat Indonesia
3.2
Menunjukkan pemahaman
sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa
pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam kehidupan
berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara
3.3
Memahami keterkaitan manusia dalam hubungannya dengan kondisi
geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial,
ekonomi, dan budaya
3.4
Menelaah
manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan
masyarakat dan bangsa Indonesia
3.5
Menelaah landasan dari dinamika interaksi
manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menyajikan hasil
pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang,
waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk
cerita,tulisan atau media lainnya
4.2
Menyajikan hasil
pemahaman tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia
dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam kehidupan
berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara dalam bentuk tulisan
4.3
Mengemukakan hasil
pemahaman mengenai keterkaitan manusia dalam hubungannya dengan kondisi
geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial,
ekonomi, dan budaya dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto,
dan lainnya)
4.4
Menyajikan pemahaman
mengenai manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi
kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam berbagai bentuk media (lisan,
tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
4.5
Menyajikan hasil telaah
mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbgai bentuk media (lisan,
tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD IPA Kelas 6
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar