KELAS:
I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|||
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan
pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan
dan satuan
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata benda-benda di
sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang),
beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
2.3 Menunjukkan perilaku tertib dan rapi saat berbaris berdasarkan urutan
tinggi badan
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan aktivitas di
sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda saat jam belajar dan jam istirahat
|
||
3.
|
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang
ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.2 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang
ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
3.3 Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung
menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat)
3.4 Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan
istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan
3.5 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan
istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
3.6 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan
gambar-gambar/benda konkrit
3.7 Menemukan bangun yang membentuk pola pengubinan sederhana
3.8 Menentukan pola dari sebarisan bangun datar sederhana menggunakan
benda-benda yang ada di alam sekitar
3.9 Mengenal panjang, luas, massa, kapasitas, waktu, dan suhu
3.10 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai
100 dan mundur dari 20
3.11 Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya
tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
3.12 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
|
||
4
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah
yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas
sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa
kebenarannya
4.2 Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau
media lainnya
4.3 Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau
pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan
jawaban
4.4 Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu
4.5 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola
bangun datar yang sudah ada
4.6 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik
konkrit dan piktograf
4.7 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menampilkan data
menggunakan grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada
sumbu horizontal
4.8 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai
kemungkinan jawaban
4.9 Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya
4.10 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
4.11 Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD Matematika Kelas 1
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|||
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti aturan dalam
melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai secara efektif dengan
memperhatikan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
2.2 Menunjukkan perilaku peduli pada orang lain dengan cara mengelola
penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi, menabung dan beramal
2.3 Menunjukkan perilaku adil dalam membagikan sejumlah benda kepada
beberapa orang dalam menerapkan konsep pembagian
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan suatu
aktivitas di sekolah dengan memperhatikan alat ukur waktu
2.5 Menunjukkan perilaku rapi dan teratur dalam menggambar dan menata
benda-benda sesuai dengan pola-pola perulangan geometri yang ditemui di dalam
kelas, sekolah, atau lingkungan.
2.6 Menunjukkan perilaku cermat dan jujur dalam mendata hasil pengukuran
panjang atau berat suatu benda
|
||
3
|
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes
(kubus satuan), pengelompokan dan benda-benda di sekitar rumah, sekolah, atau
tempat bermain
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui
kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit
3.3 Mengenal nilai tukar antar pecahan uang
3.4 Mengetahui ukuran lama waktu di kehidupan sehari-hari di rumah,
sekolah dan tempat bermain dengan menggunakan satuan waktu
3.5 Mengetahui ukuran panjang dan berat benda, jarak suatu tempat di
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain mengunakan satuan
tidak baku dan satuan baku
3.6 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang
atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
3.7 Menunjukkan pemahaman tentang konsep tentang kesamaan antara sepasang
ekspresi, menggunakan benda konkrit, simbol, dan penambahan dan pengurangan
hingga 18
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan
segi enam beraturan
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta memilahkan dan
mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya
3.10 Mengenal ruas garis dan garis lurus
|
||
4
|
4.1 Memecahkan masalah secara efektif dari masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda
dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain dan memeriksa kebenarannya
4.2 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di
sekitar
4.3 Menggunakan strategi menaksir dalam melakukan perhitungan dan
memecahkan masalah yang menggunakan satuan, puluhan, dan ratusan
4.4 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500 sebagai hasil
penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli
lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.5 Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan
berbagai kemungkinan jawaban
4.6 Menceritakan lokasi objek yang berkaitan dan representasi objek pada
sebuah peta
4.7 Merepresentasikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang, serta
menemukan pola dasar
4.8 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan
yang kurang dari 100
4.9 Mengumpulkan dan memilah data kategorikal atau diskrit dan menampilkan
data menggunakan grafik konkrit dan piktograf
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data yang ditampilkan pada grafik konkrit
dan piktograf
4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD Matematika Kelas 2
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan
perilaku patuh, tertib dan mengikuti aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan,
perkalian dan pembagian bilangan asli, bilangan bulat dan pecahan dengan
memperhatikan nilai tempat ribuan, ratusan, puluhan dan satuan
2.2
Menunjukkan
perilaku teliti dan rapi dengan menata benda-benda di sekitar dengan cara
melipat rapi dengan memperhatikan simetri lipatnya
2.3
Menunjukkan
perilaku adil dalam membagikan satu potong atau beberapa potong kue, buah dan
sejenisnya kepada sejumlah orang dalam menerapkan konsep pecahan
2.4
Menunjukkan
perilaku disiplin dan tepat waktu datang ke sekolah dengan memperhatikan alat
ukur waktu
2.5
Menunjukkan
perilaku cermat dan teliti dalam mentabulasi hasil pengukuran tinggi badan
teman sekelas
|
||
3.
|
3.1
Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan
dan perkalian
3.2
Memahami
letak bilangan pada garis bilangan
3.3
Memahami
konsep pecahan sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar, serta
menentukan nilai terkecil dan terbesar
3.4
Menemukan
sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau
cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan benda-benda konkrit
3.5
Menemukan
unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan
3.6
Mengetahui
perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik kue serabi
3.7
Mengenal
hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari
3.8
Menentukan
strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan
sejumlah uang
3.9
Memahami
keliling segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang,
tali, batang korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai
satu satuan luas)
3.10
Mengenal
dan membandingkan besar sudut bangun datar tanpa satuan baku
3.11
Menunjukkan
pemahaman tentang konsep persamaan antara pasangan ekspresi, menggunakan
penambahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka
3.12
Mendeksripsikan
hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar
3.13
Mengenal
pecahan dan bilangan desimal, serta dapat melakukan penambahan dan
pengurangan pecahan berpenyebut sama
3.14
Memahami
penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari
|
||
4.
|
4.1
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian,
bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas
sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya
serta menyatakan kalimat matematikanya dan mengemukakan dengan kalimat
sendiri
4.2
Menunjukkan
hasil rotasi dan pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambar
4.3
Menggambar
berbagai bangun datar dengan keliling atau luas yang sama
4.4
Menaksir
panjang, luas, dan berat suatu benda dan memilih satuan baku yang sesuai
4.5
Membentuk
dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat
dan menggunting atau cara lainnya
4.6
Mengumpulkan,
mencatat, menata, dan menampilkan data menggunakan tabel dan grafik batang
4.7
Membuat
tabel frekuensi sederhana berdasarkan tabulasi hasil pengukuran tinggi badan
teman sekelas
4.8
Menyajikan
pemecahan masalah yang terkait dengan penukaran nilai uang
4.9
Memperkirakan
dan mengukur panjang, keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu
menggunakan satuan baku dan tidak baku
4.10
Mendeskripsikan,
mengembangkan, dan membuat pola dari berbagai pola numerik dan pola geometris
4.11
Membaca,
mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada
bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal
4.12
Mengumpulkan
dan menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan
bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horisontal dengan label
terurut sesuai dengan grafik batang horizontal
4.13
Mengurai
sebuah bilangan bulat sebagai hasil penjumlahan atau
pengurangan dua buah bilangan
bulat lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.14
Membuat
dan mengambar berbagai bangun datar dengan kelililing atau luas yang telah
ditentukan
4.15
Menghasilkan
berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting
atau cara lainnya
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD Matematika Kelas 3
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan
operasi hitung campuran
2.2 Menunjukkan perilaku cermat dan teliti dalam melakukan tabulasi
pengukuran panjang daun-daun atau benda-benda lain menggunakan pembulatan
(dinyatakan dalam cm terdekat
2.3 Menunjukkan perilaku adil dalam membagi suatu benda kepada teman
sekelompok dengan rata-rata jumlah yang sama
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin dan teratur dalam membuat dan mengikuti
suatu jadwal kegiatan yang berulang dan efektif menggunakan prinsip KPK dalam
kalender
2.5 Menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab menjaga kerapian dan
kebersihan kelas berdasarkan jadwal berulang yang tepat menggunakan prinsip
KPK dalam kalender (misal jadwal piket, Pramuka dll)
2.6 Menunjukkan perilaku peduli dengan cara memanfaatkan barang-barang
bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain untuk membuat
benda-benda berbentuk kubus dan balok bangun berdasarkan jaring-jaring bangun
ruang yang ditemukan
|
||
3.
|
3.1 Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan
menggunakan benda kongkrit/gambar
3.2 Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian,
pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan
3.3 Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat
ukur
3.4 Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima
3.5 Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang
membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
3.6 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya
dengan sudut yang berbeda
3.7 Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan
kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
3.8 Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan dan faktor persekutuan
terbesar (FPB)
3.9 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
3.10 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas
dan keliling persegi panjang
3.11 Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan
penambahan, pengurangan, dan perkalian
3.12 Mengenal sifat dari garis parallel
3.13 Memahami pecahan senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda
kongkrit/gambar
3.14 Memahami penambahan dan pengurangan bilangan decimal
3.15 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang
atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
3.16 Memahami
pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal
yang konkrit dan garis bilangan
3.17 Memahami konsep bilangan negatif menggunakan hal-hal yang konkrit dan
garis bilangan
|
||
4.
|
1.1
Mengemukakan kembali
dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah
dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain serta
memeriksa kebenarannya
1.2
Melakukan pengubinan
menggunakan segibanyak beraturan tertentu
1.3
Menyatakan pecahan ke
bentuk desimal dan persen
1.4
Mengurai dan menyusun
kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana
1.5
Membentuk jaring-jaring
bangun ruang yang berbeda dengan jaring bangun ruang yang sudah ada
1.6
Membuat benda-benda
berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan
barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain
1.7
Menyatakan kesimpulan berdasarkan
data tabel atau grafik
1.8
Membuat peta posisi suatu
tempat/benda tanpa menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin
1.9
Mengumpulkan dan menata
data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk
grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran
1.10
Mengembangkan, dan membuat
berbagai pola numerik dan geometris
1.11
Membuat prediksi yang
berhubungan dengan pola dan menelusuri pola yang berulang dengan menggunakan
pencerminan dan rotasi
1.12
Mengurai dan menyusun
kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana
1.13
Mengurai sebuah pecahan
menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya
dengan berbagi kemungkinan jawaban
1.14
Menyajikan hasil
pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam
bentuk tabel sederhana
1.15
Mengidentifikasi dan
mendeskripsikan lokasi objek menggunakan peta grid dan melalui percerminan
1.16
Merepresentasikan sudut
lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar
1.17
Menggabung sudut bagian
dalam segitiga dan segi empat untuk menarik kesimpulan
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD Matematika Kelas 4
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD Matematika Kelas 4
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan
perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam mencari akar bilangan
sederhana
2.2 Menghargai
pendapat atau gagasan teman tentang usulan memecahkan masalah, penyajian data
atau pekerjaan matematika lainnya
2.3 Menunjukkan
perilaku adil dalam membuat pola pergeseran tempat duduk secara bergiliran
dengan menggunakan gambar denah tempat duduk di kelas
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan pengumpulan
data, pengolahan data, dan melaporkan hasil pengamatan
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur dalam melaporkan hasil pengamatan/melakukan percobaan
menemukan hubungan keliling, luas dan diameter lingkaran dengan apa adanya.
2.6 Menunjukkan
prilaku disiplin tepat waktu dengan berdasar pada pengelolaan waktu untuk
pergi ke tempat tertentu dengan mempertimbangkan kondisi lalu lintas, jarak,
dan kecepatan
2.7 Menunjukkan
perilaku cermat dalam mendata jarak dan waktu yang diperlukan oleh tiap teman
sekelas dari rumah masing-masing ke sekolah
2.8 Menunjukkan
perilaku teliti dan cermat dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan
pengeluaran uang
|
||
3.
|
3.1 Mengenal
konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan
pangkat tiga sederhana
3.2 Memahami
berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan
dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan
perkailan dan pembagian
3.3 Mengenal
konsep perbandingan dan skala
3.4 Mengenal
dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat
3.5 Menentukan
hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
3.6 Memahami
arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data
3.7 Memilih
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol,
informasi yang relevan, dan mengamati pola
3.8 Menemukan
rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
3.9 Memahami
berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan
dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal
3.10 Memahami
konsep frekuensi relatif melalui percobaan dan tabel
|
||
4.
|
1.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika, dan memilih kalimat
matematika yang tepat dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep
perbandingan, skala dan hubungan antar kuantitas yang terkait dengan
aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa
kebenarannya
1.2 Mencatat
jarak dan waktu tempuh berbagai benda yang bergerak ke dalam tabel untuk
memahami konsep kecepatan sebagai hasil bagi antara jarak dan waktu dan
menggunakannya dalam penyelesaian masalah
1.3 Mengumpulkan,
menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan
tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi)
1.4 Melakukan
percobaan dan melaporkan hasilnya untuk menemukan keliling dan luas lingkaran
serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
1.5 Menggunakan
kubus satuan untuk menghitung volume berbagai bangun ruang sederhana
1.6 Membuat
kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu
1.7 Menyatakan
kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik
1.8 Menggambar
denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan
berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah
mata angina
1.9 Mengukur
besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya
1.10 Menyajikan
hubungan ekspresi dalam koordinat dan grafik
1.11 Membentuk
berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
1.12 Mengurai
sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan
berbagai kemungkinan jawaban
1.13 Menentukan
bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan,
pengurangan, perkalian, atau pembagian dan satu atau dua angka
1.14 Menemukan
luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
1.15 Menentukan
nilai simbol yang tidak diketahui dalam suatu persamaan
1.16 Menunjukkan
kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang
tidak diketahui pada kedua sisi
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD Matematika Kelas 5
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan
perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung
yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
2.2 Menghargai
pendapat atau gagasan teman mengenai hasil kerjanya dan usulan memecahkan
masalah, penyajian data atau pekerjaan matematika lainnya
2.3 Menunjukkan
perilaku teliti dan cermat dalam mengumpulkan dan mengolah data pengamatan
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan pengumpulan
data, pengolahan data, dan melaporkan hasil pengamatan
2.5 Mengisi
secara jujur lembar isian data sederhana yang berkaitan dengan identitas
diri, hasil mengukur/mencacah
2.6 Menunjukkan
perilaku teliti dan rapi dalam mengukur dan melaporkan besar sudut yang
ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain
2.7 Menunjukkan
perilaku jujur dalam melaporkan data yang diperoleh berdasarkan hasil survey
|
||
3.
|
3.1 Memahami
operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa,
campuran, desimal dan persen)
3.2 Menentukan
besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan
tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut
antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam
3.3 Memahami
cara menghitung nilai rata-rata, median, dan modus menggunakan statistik
sederhana
3.4 Membandingkan
tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda,
tetapi sejenis.
3.5 Menemukan
peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan
beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik
3.6 Menentukan
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol,
informasi yang relevan, dan mengamati pola
3.7 Mengenal
unsur-unsur lingkaran
3.8 Mengenal
diagonal ruang dan diagonal sisi dalam bangun ruang sederhana
3.9 Memilahkan
poligon oleh garis simetri dan dengan simetri rotasi
3.10 Memahami
dan melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan
biasa, campuran, desimal dan persen)
3.11 Memahami
kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan
informasi tertentu
3.12 Memahami
perbandingan senilai dan perbandingan terbalik
3.13 Membandingkan
dan memaknai tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data
berbeda, tetapi sejenis
3.14 Memahami
juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk
memecahkan masalah sederhana
|
||
4.
|
1.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menentukan kalimat matematika yang sesuai dan
solusi dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan
data yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain serta membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban
1.2 Membuat
garis-garis dengan bantuan benang yang menghubungkan dua buah titik sudut
dalam kubus atau balok dan menemukan bangun datar baru yang bisa dibentuk
oleh benang-benang tersebut dan menggambarkannya dalam bentuk sketsa
1.3 Membentuk/menggambar
bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya
1.4 Membentuk/menggambar
bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya
1.5 Mengamati
pola atau melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi
empat
1.6 Menggunakan
data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
1.7 Mengumpulkan
data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam
bentuk tabel dan grafik yang sesuai
1.8 Menyatakan
kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistik
sederhana, tabel, dan grafik
1.9 Mengukur
besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan
tempat bermain dengan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan
sudut di antara dua jarum jam
1.10 Menghitung
luas permukaan prisma dan silinder
1.11 Menggambar
plotting titik-titik di kuadran pertama
1.12 Menggunakan
juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk
memecahkan masalah sederhana
|
ediputra48@yahoo.co.id , Maret
2014, Kurikulum 2013 SD/MI, KI dan KD Matematika Kelas 6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar